Cara Mudah Setting Push Mail di Blackberry

Anonymous

Cara Mudah Setting Push Mail di Blackberry, Blacberry selain memiliki fitur social media yang terintegrasi (notifikasi near-real-time / mendekati waktu sebenarnya) Juga BlackBerry Messenger (BBM), Blackberry memiliki fitur unggulan lainya yaitu berupa Push Mail service.

Cara Mudah Setting Push Mail di Blackberry

Apa Push Mail service itu?
Banyak dan beragam pengertian yang akan kita dapatkan tentang Push Mail tersebut, namun dari beberapa sumber yang Bang Rizal baca dengan bahasa yang mudah dipahami pula, Push Mail adalah sebuah system Email yang memiliki kemampuan "always on" atau dengan kata lain selalu menyala terus, atau email tersebut selalu aktif dimana apabila setiap ada email yang masuk ke dalam email server maka email tersebut akan secara langsung diteruskan (pushed) kepada email client. yang dimaksudkan email client ini adalah baik email yang ada di Komputer/PC maupun yang ada di Smarthphone juga PDA.

Pada postingan sebelumnya, Bang Rizal juga telah menjelaskan apa itu Email dan Cara membuat email di Yahoo juga di Email Google. Kenyataan yang sering terjadi sekarang adalah banyaknya pengguna Smarthphone Blackberry yang kewalahan dalam setting Push Mail ini, seperti waktu pertama kali Bang Rizal alami saat pertama kali memiliki BB dan ingin mengaktifkan layanan Push mail tersebut.

Tidak berselang lama akhirnya Bang Rizal pun menemukan cara settup push mail tersebut dengan cara selain melalui “setup wizard” atau “email setting” yang ada pada folder “setup” di Blackberry. Cara yang saya coba yaitu dengan mendaftarkannya langsung ke “BlackBerry Internet Service” operator Celluar yang saya pakai.

Adapun cara dan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut dibawah ini :

Buka alamat/URL layanan BlackBerry Internet Service (BIS) operator Handphone anda dengan format URL seperti berikut : ******.blackberry.com.   Tanda ****** pada contoh URL diatas dimaksudkan adalah nama Operator Cellular yang anda gunakan dan formatnya seperti contoh di bawah ini :
Indosat : indosat.blackberry.com
XL: xl.blackberry.com
Telkomsel: telkomsel.blackberry.com
Smartfren: smart-telecom.blackberry.com
Tri (3/three): tri.blackberry.com
Setelah anda masuk pada URL yang anda pilih sesuai dengan Operator Cellular yang anda gunakan, kemudian langkah yang perlu anda lakukan yaitu :

Pilih “Create New Account” atau “Buat Akun Baru”
Centang pada pilihan “I have read and understand” Atau “Saya telah membaca dan memahami” Lalu anda klik pilihan “I Agree” atau “Saya Setuju”

Isi kolom “Device PIN” atau “PIN Perangkat” dengan PIN BlackBerry milik Anda, dan “Device IMEI” atau “IMEI Perangkat” dengan IMEI BlackBerry milik Anda. PIN dan IMEI Balckberry anda dapat anda lihat pada kotak Handphone Smarthphone BlackBerry Anda atau anda dapat mengetahuinya dengan cara pencet tombol “alt+shift kiri+H” secara bersamaan dari BlackBerry Anda. Jadi sebelum anda mengaktifkan Push Mail ini sebaiknya anda catat dahulu Kode Pin dan Imei Blackberry anda.

Sementara itu bagi pengguna BlackBerry CDMA, tidak tersedia kolom “Device IMEI” atau “IMEI Perangkat” pada settup ini, melainkan “Device ESN” atau “ESN Perangkat” yang juga bisa Anda lihat dari kotak box Blackberry anda atau tekan “alt+shift kiri+H” secara bersamaan pada home screen BlackBerry Anda.

Setelah semua data tadi telah terisi semua dengan benar, maka lanjutkan dengan klik “Continue” atau “Lanjutkan”.

Isikan alamat email beserta password email Anda pada kolom yang telah disediakan. dan jika telah terisi dengan benar, lanjutkan settup dengan menekan tombol "next".

Jika settup yang anda lakukan tadi sudah benar, akan muncul tulisan “Email Account Successfully Added” yang berarti bahwa akun email anda telah berhasil ditambahkan.

Apabila Anda tidak ingin untuk “synchronize” kontak yang ada di email yang telah anda settup tadi, maka hilangkan tanda centang pada opsi “Contacts”, Lalu anda klik “Finish” untuk mengakhiri. Namun apabila anda ingin menambahkan akun email yang lainnya, maka klik “Add Another Account” dengan cara yang sama persis seperti yang telah Bang Rizal jelaskan diatas.

Setelah email yang anda miliki berhasil terkonfigurasi melalui URL Web dan settup tadi, maka pada homescreen menu BlackBerry anda akan terdapat satu aplikasi baru yang berisi mailbox atau email yang telah anda tambahkan tadi.

Demikianlah tadi sedikit pengetahuan tentang Cara Mudah Setting Push Mail pada Blackberry yang dapat Bang Rizal sampaikan kepada anda semuanya. semoga artikel ini mampu menjawab pertanyaan anda tentang tata cara setting push mail di BB. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat bagi kita semuanya. Amiin.
Advertistment

No comments:

Post a Comment

Suatu kehormatan bagi saya bila anda berkenan memberikan komentar pada Blog ini, diharapkan berkomentarlah dengan baik dan bukan spam komentar.