Cara Membuat Blog Mudah Dan Gratis

Anonymous
Cara Mudah Membuat Blog Gratis di Blogger.Com, Pada era globalisasi ini sepertinya membuat blog bukanlah sebuah hal yang asing lagi, bahkan bagi sebagian orang membuat blog telah menjadi sebuah rutinitas dan pekerjaan sehari-hari karena dengan memiliki blog ini dapat mendatangkan income atau uang bagi kita.

Cara Mudah Membuat Blog Gratis
Cara Mudah Membuat Blog Gratis | BangRizal.Com
Bisnis online dari blog ini pun semakin merajalela dan menjanjikan dari segala penjuru pelosok dunia karena keuntungannya yang sangat luar biasa. Tidak hanya menguntungkan bagi pemilik blog, tetapi juga bagi pengunjung blog yang mendapat kejelasan maupun hiburan suatu informasi yang dicarinya. dan itulah simbiosis mutualisme dari keuntungan sebuah blog.

Saat ini bahkan banyak para penyedia jasa didalam pembuatan blog ini, hingga jasa seo nya. Sebenarnya membuat blog itu tidak rumit dan saya yakin dapat dilakukan oleh siapapun saja asalkan tahu cara juga tahapan-tahapan dalam membuat blog tersebut.

Bahkan dalam membuat blog ini sebenarnya gratis tanpa dipungut biaya seperakpun, yang dibutuhkan hanyalah ketekunan dan ketelatenan anda dalam mengerjakanya, jadi buat apa kita harus membayar mahal dalam membuat sebuah blog jika kita sendiri mampu melakukanya dan bahkan media pembuatanya pun disediakan secara gratis, yang dibutuhkan hanyalah sebuah perangkat komputer dan jaringan koneksi internet yang cukup.

Ada banyak sekali di internet apabila kita googling tentang penyedia layanan blog gratis, dan salah satu penyedia layanan blog gratis yang paling banyak mendapat respon digunakan oleh banyak orang adalah Blogger.com, selain memudahkan kita untuk mengeditnya sesuai keinginan kita, kapasitas web hosting yang di tawarkan Blogger.com pun Unlimited atau tidak terbatas. dan ternyata Blogger.com ini adalah layanan blog gratis milik Google sehingga untuk masalah SEO nya di google sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

Baiklah pada artikel kali ini, Bang Rizal akan berbagi sedikit tips pengalaman pribadi saya sendiri dalam pembuatan blog di Blogger.com. dan berikut ini adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan. Antara lain yaitu :

Langkah pertama yang perlu anda perhatikan yaitu, anda harus memiliki akun Google atau Email layanan dari google, mengapa harus email dari google? karena Blogger.com adalah layanan blog gratis milik mbah google, dan setau saya untuk saat ini selain email dari google sudah tidak bisa digunakan untuk mendaftar. Jadi mau tidak mau anda harus memiliki email dari google atau yang sering kita sebut dengan akun Gmail.

Setelah anda memiliki akun Gmail, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah buka browser internet anda (Mozila Firefox, Google Chrome, Internet Explorer) atau apapun yang anda gunakan lalu ketikkan alamat Url : https://www.blogger.com untuk menuju halaman Blogger.com, untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar di bawah ini :

Cara Mudah Membuat Blog
Cara Mudah Membuat Blog | BangRizal.Com
Setelah anda menuju pada alamat URL  yang dimaksudkan diatas maka akan segera muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini :

Cara Mudah Membuat Blog
Cara Mudah Membuat Blog | BangRizal.com
Setelah muncul tampilan dari Blogger.Com seperti gambar diatas, maka yang harus anda lakukan untuk langkah berikutnya adalah sign in ke Blogger.Com dengan menggunakan akun Gmail milik anda dengan cara masukkan Alamat email anda pada Kolom Email dan masukkan password Gmail anda pada kolom Password lalu tekan tombol sign in, untuk lebih jelasnya, silahkan lihat pada gambar di bawah ini :

Cara Mudah Membuat Blog
Cara Mudah Membuat Blog | BangRizal.Com
Setelah Sign in maka anda akan dibawa ke tampilan halaman seperti dibawah ini, jika anda sudah terdaftar pada Google Plus, maka blog yang akan anda buat ini akan secara langsung terintegrasi dengan profil pada Google + anda, tetapi jika anda belum memiliki akun Google Plus (G+) maka anda dapat menggunakan profil blogger terbatas anda, terserah anda ingin menggunakan akun yang mana karena anda dapat mengedit info profil ini nanti, lalu jangan lupa langsung saja klik tombol Lanjutkan Ke Blogger.

Jika saya boleh menyarankan sebaiknya anda menggunakan akun Google + untuk optimasi blog anda nantinya, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :

Cara Mudah Membuat Blog
Cara Mudah Membuat Blog | BangRizal.Com
Setelah sukses klik lanjutkan ke blogger maka anda akan menjumpai tampilan seperti gambar di bawah ini, klik tombol "Blog Baru" disamping sebelah kiri tulisan "Ciptakan Blog Anda" untuk menciptakan blog yang ingin anda buat, untuk lebih jelasnya silahkan lihat tanda panah pada gambar di bawah ini :

Cara Mudah Membuat Blog
Cara Mudah Membuat Blog | BangRizal.Com

Pada Tahapan selanjutnya ada 4 langkah yang harus anda lakukan yaitu :

  1. Menentukan judul blog yang akan anda buat, isikan pada kolom judul dengan nama judul blog yang akan anda buat, misalnya seperti "Cara Mudah Membuat Blog"
  2. Menentukan alamat URL Blog anda, karena saya akan membuat blog maka alamat blog saya buat menjadi tips-bloggerpemula.blogspot.com, untuk anda pada kolom ini bisa anda sesuaikan dengan judul blog anda atau dengan nama terserah anda dan anda dapat menggunakan tanda strip (-) sebagai pemisah kata pada alamat blog anda ini, dan yang paling penting alamat yang akan anda daftarkan masih tersedia untuk didaftarkan, jika sudah ada yang mendaftarkan ulangi pengisian alamat blog anda menggunakan kata kunci yang lainya.
  3. Tentukan Template anda, pilih salah satu tampilan template yang akan menjadi template tampilan pada blog yang anda buat.
  4. Tekan Tombol Buat blog, dan ini berarti blog yang anda buat telah jadi dan tahapan selanjutnya adalah pengeposan artikel.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar di bawah ini :

Cara Mudah Membuat Blog
Cara Mudah Membuat Blog | BangRizal.Com
Untuk tahapan yang selanjutnya adalah pengeposan artikel, klik pada tampilan selanjutnya "mulai mengeposkan" lebih detailnya silahkan lihat gambar dibawah ini :

Cara Mudah Membuat Blog
Cara Mudah Membuat Blog | BangRizal.Com
Metode pengeposan artikel, ada beberapa langkah dalam membuat sebuah postingan didalam blog, dan berikut adalah langkah-langkahnya :


Menentukan Judul
Tentukan Judul artikel yang akan anda posting pada blog yang telah selesai anda buat tadi.

Menentuka Isi Artikel/Content
Silahkan tulis isi artikel blog anda sesuai dengan tema atau judul postingan yang anda buat, usahakan ini adalah hasil karya anda sendiri, hasil pemikiran anda sendiri bukan hasil dari kopi paste blog milik orang lain, dan untuk ketentuan isi artikel ini sebaiknya minimal 500 kata untuk menjadi artikel yang baik, dan tentunya dengan kata-kata mudah dipahami, sehingga jika ada pengunjung yang membaca artikel anda nantinya akan selalu datang kembali ke blog anda untuk membaca artikel yang lainya. Pada isi artikel ini anda dapat menambahkan gambar juga video melalui menu editor yang telah disediakan.

Gunakan Pratinjau Halaman
Pratinjau Halaman ini berfungsi untuk melihat tampilan postingan artikel yang kita buat sebelum kita mempublikasikanya, ini dimaksudkan apabila ada artikel/kata yang salah kita dapat mengetahuinya dan melakukan pengeditan sebelum diterbitkan.

Gunakan Label
Label pada blogger ini berfungsi sebagai kategori pada postingan, contohnya jika anda membuat blog mengenai cara pembuatan blog, maka akan ada banyak sub pokok bahasan seperti SEO Blog, Template Blog, dan lain-lainya, dan disinilah fungsi dari label yaitu untuk mengelompokkan artikel anda sesuai dengan sub pokok bahasan anda. ketikkan label pada kolom label sesuai dengan kategori sub pokok bahasan dari tema blog anda. jangan lupa ulangi klik pratinjau blog anda untuk melihat apakah artikel blog anda benar-benar sudah siap dipublikasikan atau belum.

Publikasikan Artikel
Jika ke empat langkah diatas sudah anda lakukan dengan baik, maka saatnya mempublikasikan artikel anda dengan cara klik tombol "Publikasikan" maka secara otomatis artikel yang anda tulis tadi telah terpublikasi.

Setelah anda sukses menerbitkan artikel yang telah anda buat, dan anda telah mengaktifkan profil Google Plus anda biasanya akan ada Pop Up agar anda melakukan sharing artikel anda ke profile Google Plus anda. dan inilah kenapa alasanya saya menyarankan untuk menggunakan profil Google Plus diawal tutorial ini tadi, dan saran saya lagi, buatlah sharing ini dalam status publik agar dapat terbaca semua orang meskipun belum beada dalam lingkaran G+ anda setelah artikel anda bagikan. untuk lebih lanjutnya lihat gambar di bawah ini :

Cara Mudah Membuat Blog
Cara Mudah Membuat Blog | BangRizal.Com
Setelah anda membagikan pada profil Google Plus anda maka selanjutnya anda akan menemukan tampilan seperti gambar di bawah ini :

Cara Mudah Membuat Blog
Cara Mudah Membuat Blog | BangRizal.Com
Klik Tombol "lihat" pada tampilan gambar diatas untuk melihat tampilan blog anda yang sesungguhnya.

Cara Mudah Membuat Blog
Cara Mudah Membuat Blog | BangRizal.Com
Alhamdulillah, sampai disini akhirnya blog kita buat tadi sudah jadi, selamat berjuang sebagai seorang blogger saya ucapkan kepada anda semuanya. siapa tahu anda nantinya akan menjadi seorang blogger yang besar dan ternama :)

Jangan lupa selanjutnya baca artkel saya Tutorial Blogspot yang Lainya, untuk mengembangkan blog anda. bukan maksud saya menggurui tetapi niat saya hanya berbagi  saja. Jika anda menyukai artikel-artikel saya maka anda dapat mendapatkan Updatenya melalui Facebook dengan cara like FP saya dengan alamat : https://www.facebook.com/Rizalzone.web.id atau melalui akun Twitter saya di @Rizal_Dpencil, jangan lupa juga di Follow ya??

Dan saya kira cukup sekian dulu tutorial Cara Membuat Blog Mudah Dan Gratis di Blogspot.com dari saya kali ini, semoga bermanfaat bagi anda semuanya. jangan sungkan-sungkan apabila diantara anda ada yang ingin melayangkan kritik atau komentar kepada saya. tetap semangat saudaraku..!! "Keep Blogging, karena menulis itu penting, seburuk apapun tulisanmu itu..!! by : Rizal D'PenciL".
Advertistment

No comments:

Post a Comment

Suatu kehormatan bagi saya bila anda berkenan memberikan komentar pada Blog ini, diharapkan berkomentarlah dengan baik dan bukan spam komentar.