Tips Mudah Me-Root HP Android

Anonymous
Sobat Bang Rizal, tak berbeda jauh dengan Blackberry, kini Android telah banyak memiliki pengguna, dan merupakan salah satu gadget yang paling laris didunia, tak ubahnya layaknya sebuah gadget, tentunya android banyak memiliki keunggulan di dalamnya.

root android

Bagi anda sobat Bang Rizal yang sudah terbiasa dengan sistem operasi Linux, maka pasti sudah tidak asing lagi dengan kata-kata Root, root atau kadang di sebut superuser bisa di katakan account yang mempunyai kekuasaan penuh pada system operasi berbasis linux, artinya root mempunyai hak akses penuh untuk merubah, menambah, menghapus bahkan merusak system. Sedangkan Nge-root sendiri adalah usaha untuk merubah user biasa agar bisa menjadi superuser atau root.

Dengan kata lain fungsi root Android adalah untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke sistem Android. Dengan melakukan Root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses.

Melakukan root pada handphone Android tidak serta merta akan menaikkan performa atau kemampuan ponsel Android. Rooting Android sama saja seperti “membuka pintu” bagi Anda untuk mengembangkan sistem operasi ini. Apabila dianalogikan ke dalam sebuah sistem operasi komputer Windows, fungsi root Android adalah memberikan hak administrator penuh kepada penggunanya.

Berikut ini Bang Rizal mencoba memberikan sedikit tips tentang tutorial tips melakukan unlock root pada ponsel berbasis android yang dapat anda terapkan pada beberapa jenis merek dan type HP Android, seperti HTC, Motorola, Sony Ericsson, Asus, Acer, Huawei, Dell, Samsung dan beberapa Ponsel dengan OS Android lainnya. Bang Rizal pun telah mencoba pada HP Android Samsung.

Langkah-langkahnya yang perlu sobat siapkan sebelumnya yaitu :


  1. Komputer/PC/Laptop, OS yang Bang Rizal gunakan adalah Windows XP.
  2. Jika sobat menggunakan windows xp pastikan windows sobat sudah terinstall Microsoft .NET Framework 2.0+ , microsoft .NET framework 4.0 disertakan di cd kies atau anda bisa donwload terlebih dahulu , tetapi jika sobat menggunakan windows vista atau windows 7 maka sobat tidak perlu lagi install, karena sudah tersedia native.
  3. Kabel data/mikro usb , kalau didalam paket pembelian samsung galaxy mini tidak di sertakan, maka sobat bisa menggunakan mikro usb milik nokia, atau handphone lainnya yang penting mikro USB.
  4. Install software kies nya terlebih dahulu, software ini ada di sertakan dalam paket pembelian samsung android.
  5. Pastikan batrai sudah terisi penuh.
  6. Pastikan Micro SD Card anda dalam kondisi unmount.
  7. Donwload software untuk nge-rootnya, kita akan menggunakan software bantu SuperOneClick yang sapat sobat download "disini".



Jika persiapan sobat di atas tadi sudah di lakukan dengan benar maka kita akan segera lanjut menuju langkah berikutnya
  1. Setting android ke adb mode masuk ke setting > Applications > Development > Centang USB debugging.
  1. Pasang / Colok hp ke komputer , tunggu sampai install driver nya selesai.
  2. Jalankan file SuperOneClick.exe yang sudah di dowload tadi, setelah terbuka klik root , tunggu sampai selesai.
Baiklah sobat Bang Rizal sekalian, sekarang sobat sudah bisa melepas kabel mikro usb, lihat di android sobat, jika sudah ada aplikasi bernama superuser dengan gambar tengkorak berarti Android sobat sudah berhasil di Root, jika belum atau bahkan tidak sama sekali muncul, maka cobalah untuk  merestart handphone Android kesayangan sobat.

Demikianlah tadi sedikit tips untuk melakukan Root Pada HP Android kita, semoga bermanfaat, dan ditunggu komentarnya pada blog bang rizal ini. :)
Advertistment

1 comment:

  1. semoga berhasil rootnya. 1 software untuk semua. kereen gan. Ane nyumbang info y gan, kalo sudah berhasil root. Ada baiknya nyoba SWAP memory (cara bikin lega memory internal), punya ane sampe 32gb internalnya. Tutorial silahkan di http://www.ekonsul.com/2013/05/cara-swap-memory.html.


    _________________________________________________
    konsultan website SEO indonesia

    ReplyDelete

Suatu kehormatan bagi saya bila anda berkenan memberikan komentar pada Blog ini, diharapkan berkomentarlah dengan baik dan bukan spam komentar.