Tips Merawat Batrai Laptop Yang Benar Agar Tahan Lama

Anonymous
Tips Merawat Batrai Laptop Yang Benar Agar Tahan Lama, Batrai laptop tentunya adalah suatu yang sangat berharga bagi kita, sebagai penyimpan daya listrik ini akan sangat fatal apabila rusak, maka kita tidak akan bisa menggunakan laptop itu sendiri saat kita tidak mencolokkan laptop tersebut dengan sumber arus listrik, dan ini memberikan penjelasan berarti kita tidak dapat munggunakan laptop kita kemana-mana selain didekat sumber arus listrik.
gambar batrai laptop


Meskipun para produsen laptop sudah membuat baterai dengan teknologi secanggih apapun, tidak ada salahnya kalau kita juga mengantisipasi kerusakan yang terjadi pada baterai laptop.

Baiklah tanpa berpanjang lebar lagi, kali ini  bang rizal akan mencoba memberikan Tips Merawat Batrai Laptop Yang Benar Agar Tahan Lama, langsung saja berikut ini adalah beberapa tips dan triknya, antara lain yaitu :


  1. Pada saat pertama membeli laptop jangan langsung dinyalakan. Sebaiknya anda charge dulu baterai laptop selama kurang lebih 4 jam sampai indikator lampu menunjukkan bateari full. Biasanya ditandai dengan nyala lampu hijau. 
  2. Apabila anda menggunakan laptop langsung tercolok ke listrik, alangkah baiknya anda mencopot baterai laptop. Hal ini untuk menghindari baterai yang menggelembung karena panas yang diakibatkan kerja laptop dan aliran listrik namun teknik ini akan beresiko besar ketika terjadi pemadaman listrik, dan menurut sumber yang Bang Rizal baca untuk laptop jaman sekarang sudah canggih apabila dia sudah terisi full maka secara otomatis akan langsung ke laptop anda, jadi tekhnik ini hanya khusus untuk laptop jadul saja. dan sebaiknya anda memiliki UPS untuk menghindari down power saat terjadi pemadaman arus listrik.
  3. Konfigurasi power setting anda seefektif mungkin. Misalkan setting agar layar dan HDD mati apabila laptop tidak digunakan dalam jangka waktu beberapa menit, misal 15 menit. Dengan demikian akan menghemat daya saat laptop tidak digunakan. 
  4. Matikan screen saver. Apabila screen saver hidup itu sama saja dengan kita saat menonton film di laptop. Screen atau layar, VGA, hardisk dan komponen-komponen lainnya bekeraja secara normal. Ini merupakan pebuanga daya yang sia-sia. 
  5. Matikan aplikasi yang tidak digunakan. Saat anda bekerja terkadang suka sekali membukan sekaligus banyak aplikasi, dan lupa mematikannya saat anda sudah tidak menggunakannya lagi. Semakin banyak aplikasi yang dibuka, semakin besar daya yang dibutuhkan. Itu artinya pemborosan terhadap baterai laptop.
Demikianlah tadi sobat, beberapa tips dan trik dalam merawat batrai laptop agar awet dan tahan lama, jika anda merasa ada tips yang bagus dan memang perlu ditambahkan pada artikel diatas, sobat dapat menambahkanya melalui kolom komentar dibawah ini, sekian saja tips komputer dari bang rizal kali ini, semoga bermanfaat bagi sobat semuanya. :)


Advertistment

No comments:

Post a Comment

Suatu kehormatan bagi saya bila anda berkenan memberikan komentar pada Blog ini, diharapkan berkomentarlah dengan baik dan bukan spam komentar.