Tips Aman Berkendara Sepeda Motor

Unknown
Tips Aman Berkendara Sepeda Motor, Sobat Sekalian setelah beberapa hari ini Bang Rizal tidak update blog ini karena sibuk dengan pekerjaan yang lain, maka kali ini saya akan mencoba memberikan tips aman berkendara sepeda motor, mengingat akhir-akhir ini sering sekali terjadi kecelakaan yang memakan korban, terutama bagi pengendara roda dua atau sepeda motor yang kebanyakan pengendaranya adalah remaja/anak muda.

Tips Berkendara Aman

Lebih dari 80 % kecelakaan yang terjadi dijalan raya adalah karena kurangnya kehati-hatian pengendara sepeda motor itu sendiri dan temtunya ini menjadi pelajaran penting untuk kita sebagai pengendara sepeda motor agar lebih berhati-hati dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Dan Berikut ini adalah beberapa point penting tips aman dalam berkendara yang mungkin perlu anda perhatikan. Antara lain yaitu :


  • Sebelum melakukan perjalanan, cek terlebih dahulu kondisi kendaraan yang akan dipakai. Bagian-bagian yang mesti dilakukan pengecekan yaitu: bensin, oli, rantai, ban, lampu, baterai / aki, baut mur, kaca spion, kopling dan rem.
  • Pastikan STNK, Surat Tanda Nomor Kendaraan selalu dibawa sebagai bukti bahwa kendaraan yang dipakai legal
  • SIM, Surat Izin Mengemudi selalu dibawa sebagai bukti untuk mengendarai kendaraan
  • Gunakan helm standar, kaca helm harus bersih, helm bisa full face atau half face.
  • Gunakan sarung tangan yang mudah menyerap keringat serta tidak licin saat memegang handle motor, lebih baik lagi bila dilengkapi bahan keras dibagian depan tangan
  • Pakai jaket yang mampu melindungi seluruh bagian tubuh baik dari terpaan angin maupun saat terjadi benturan baik kecil maupun besar, bila perlu pakai rompi khusus. Pertimbangkan juga ventilasi yang baik agar jaket nyaman digunakan.
  • Jika berkendara dalam keadaan gelap, ada baiknya menggunakan jaket/rompi dengan warna fluorecent.
  • Gunakan jas hujan yang terpisah (atasan+celana) dengan bahan yang tidak gampang sobek dan tidak tembus air
  • Pakai sepatu yang nyaman serta aman bagi seluruh lapisan kaki. Minimal menutupi daerah mata kaki. Jangan biasakan menggunakan sandal saat berkendara.
  • Dengan mentaati rambu-rambu dan lampu pengatur lalu-lintas. Menjaga etika dan kewaspadaan saat berkendara. Dan yang paling penting adalah membiasakan diri sendiri menerapkan prosedur standar keamanan dan keselamatan berkendara di jalan raya. Hal ini dibutuhkan untuk mengurangi angka kecelakaan.
Demikianlah tadi beberapa tips aman berkendara sepeda motor yang perlu kita perhatikan sebelum berkendara. semoga artikel kali ini menjadi referensi bagi kita semua saat berkendara sepeda motor dan selamat sampai tempat tujuan. Semoga Bermanfaat.

Referensi : http://www.jgmotor.co.id/category/tips-trik/

Advertistment

No comments:

Post a Comment

Suatu kehormatan bagi saya bila anda berkenan memberikan komentar pada Blog ini, diharapkan berkomentarlah dengan baik dan bukan spam komentar.