We Chat Aplikasi Chatting Terpopuler 2013

Unknown
We Chat Aplikasi Chatting Terpopuler 2013 - Aplikasi WeChat kini semakin merebak dan memiliki banyak pengguna di Asia Tenggara Khusunya, tidak hanya Indonesia yang kebanjiran pengguna baru aplikasi ini, tetapi di negara Asia Tenggara lainya seperti Thailand, Malaysia, Singapore dan lainya pun semakin hari semakin banyak penggunanya dan semakin bertambah.

Aplikasi WeChat
Aplikasi WeChat | Gambar : Portalponsel.com
Wechat juga tidak kalah populernya di Indonesia setelah iklanya dibintangi oleh alumni Indonesian Idol Yaitu : Gisell dan setelah Tencent meluncurkan client Blackberry dan memasang banyak iklan beserta aktivitas promosi lainnya. Pada akhir Februari lalu, PT MNC Indonesia dan PT Hillhouse Singapura bekerja sama dalam mendirikan perusahaan untuk memasarkan produk cyber Tencet dengan aplikasi Wechat sebagai produk utamanya. Warga Jakarta juga banyak yang menggunakan aplikasi wechat untuk berkomunikasi. Iklan Wechat juga terlihat di sela-sela acara televisi.

Tencent merupakan perusahaan jasa internet terbesar di Tiongkok. Tencent meluncurkan layanan Wechat pada tahun 2011. Sekarang jumlah pengguna terdaftar Wechat telah menembus 300 juta orang. Tencent mengatakan pihaknya akan berupaya menarik lebih banyak pengguna Wechat melalui pemasokan layanan yang lebih banyak, termasuk game online, aplikasi dan positioning.

Saat ini layanan Wechat dari Tencent bisa diakses dalam empat bahasa yakini bahasa Indonesia, Melayu, Thai dan Vietnam. Piranti Wechat menyediakan layanan downloading gratis melalui sistem Android, iOS, Microsoft, dan Symbian. Dengan bertambahnya jumlah pengguna dalam jumlah besar, maka Wechat diprediksi akan menjadi salah satu platform jejaring sosial terbesar di Asia.

Menurut laporan media Thailand, kini jumlah pengguna Wechat telah menembus jutaan di Thailand. Sedangkan di Indonesia jumlah downloading Wechat telah meningkat dari 30 ribu kali menjadi 90 ribu kali per hari. Downloading Wechat dalam dua pekan terakhir terus menempati urutan depan dalam ranking di Apple Store, Blackberry dan Android Store.

Menurut laporan situs web Tech in Asia, larisnya Wechat dalam beberapa bulan terakhir telah mendongbrak posisi Tiongkok dalam bidang piranti lunak. Pada Januari lalu, jumlah downloading Wechat di sistem iOS menempati urutan ke-6 dibanding piranti aplikasi lainnya, bahkan lebih unggul daripada Whatsapp.

Situs Wesocial memprediksi bahwa Wechat kini memiliki pengguna 15 persen lebih banyak daripada Facebook di Asia. Keunggulan Wechat itu akan lebih kokoh pada tahun 2013. Wesocial memperkirakan Wechat akan terus meningkatkan tingkat pemerataan di pasar dunia, dan berharap dapat masuk ke lima besar di dunia dalam tahun ini.

Situs Tech in Asia melaporkan, Wechat juga menghadapi persaingan dari piranti serupa lainnya. Apa lagi warga dari negara yang berbeda juga memiliki minat yang berbeda. Misalnya warga Singapura lebih gemar memakai Whatsapp, dan di Thailand lebih suka menggunakan aplikasi Line. Sedangkan di Indonesia warga gemar memakai Messenger yang disediakan Balckberry yang telah menguasai 37 persen pangsa pasar di negeri itu.

Pendek kata, Whatsapp dan line masih mempunyai keunggulan ketimbang Wechat, karena aplikasi-aplikasi itu lebih awal memasuki pasar Asia Tenggara. Bagi Wechat yang penting adalah meningkatkan mutu layanan dan promosi untuk memperoleh lebih banyak pangsa pasar.

Advertistment

No comments:

Post a Comment

Suatu kehormatan bagi saya bila anda berkenan memberikan komentar pada Blog ini, diharapkan berkomentarlah dengan baik dan bukan spam komentar.